09 January 2008

Posted by Ivan Shurex Posted on 1/09/2008 02:14:00 PM | No comments

2 Januari 2008

Pw. St. Basilius Agung dan Gregorius dr Nazianze


Mutiara Iman :
"...Luruskanlah jalan Tuhan!..."
(Yoh 1:23).

Lectio:
1 Yoh. 2:22-28; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 1:19-28.

Meditatio:
Injil hari ini memperlihatkan Yohanes Pembaptis yang sungguh menyadari panggilan hidup dan perutusannya di dunia ini. Ia bukanlah Mesias itu. Ia adalah pembuka jalan bagi kedatangan sang Mesias. Tugas itu dijalankannya dengan ringan hati, penuh semangat dan sukacita.

Kesadaran diri sebagaimana yang dimiliki oleh Yohanes Pembaptis ini sepantasnya juga menjadi kesadaran kita di awal tahun baru ini. Segala rencana dan cita-cita kita untuk tahun 2008 hanya akan sungguh berarti sejauh rencana itu membuat Kristus makin mudah masuk ke dalam hidup kita dan membuat relasi kita dengan diriNya makin akrab. Maka pada hari ini kita bisa merenungkan pertanyaan sbb: Apakah yang hendak kulakukan supaya Tuahan mudah "memasuki" atau mengambil peranan di dalam hidupku? Manakah gaya hidup lama (dari tahun 2007) yang perlu kuubah? Apakah gaya hidup baru yang baik yang perlu kupraktekkan sejak awal tahun 200 ini?

Contemplatio :
Pejamkan mata beberapa menit. Bayangkalah di rumah Anda sedang sibuk mempersiapkan penyambutan seorang tamu yang sangat penting dan terhormat. Tamu itu tidak lain adalah Tuhan Yesus sendiri. Bayangkalah segala hal yang Anda lakukan untuk memberi penyambutan yang sepantasnya bagi Tamu istimewah itu.

Oratio:
Tuhan Yesus, datanglah ke dalam rumahku, kedalam keluargaku, kedalam hatiku. Amin.

Missio:
Hari ini, dalam percakapan dengan teman-teman, aku akan lebih menjadi pendengar yang baik. Aku juga akan memperlakukan orang lain dengan sebaik-baiknya karena aku meyakini bahwa di dalam diri orang lain Kristus hadir.

Reactions:
Categories:

0 Komentar:

Post a Comment

Setelah dibaca apa anda punya komentar untuk artikel diatas ?
Jika anda merasa tersentuh, terinspirasi, termotivasi dengan artikel ini bagikan bersama kami dengan meninggalkan pesan, kesan atau komentar apa saja.

Semoga komentar anda dapat menjadi semangat bagi yang lainnya.

  • Text Widget