12 January 2008

Posted by Ivan Shurex Posted on 1/12/2008 09:03:00 PM | No comments

5 Januari 2008

Mutiara Iman:
“Lihatlah, inilah seorang Israel sejati. Tidak ada kepalsuan di dalamnya…”
(Yoh 1:47b).

Lectio:
1Yoh. 3:11-21; Mzm. 100:1-2,3,4,5; Yoh. 1:43-51.

Meditatio:
Ketika bertemu dengan Natanael, Tuhan Yesus berkata,” “Lihatlah, inilah seorang Israel sejati. Tidak ada kepalsuan di dalamnya…” Dengan komentarNya ini, Tuhan mau memuji Natanael sebagai orang yang berani jujur, terus terang sekaligus hati-hati. Natanael tidak mudah percaya pada pendapat orang lain sebelum ia membuktikan sendiri. Namun sikap Natanael ini sekarang juga dapat mengingatkan kita pada salah satu murid Tuhan yang lain, yaitu Thomas. Di dalam Injil, salah satu kisah tentang Thomas yang paling terkenal adalah Thomas yang ingin melihat dengan matanya sendiri bekas paku pada tangan Tuhan sebelum ia dapat percaya bahwa Tuhan memang telah bangkit.

Maka salah satu pertanyaan yang dapat direnungkan sesuai Injil hari ini adalah dalam hal beriman kepada Tuhan Yesus, aku ini termasuk tipe orang beriman yang seperti apa? Aku akan tetap beriman kepada Tuhan sejauh hidupku serba berkecukupan? Apakah aku juga akan tetap beriman kepada Tuhan jika hidupku diliputi berbagai kesusahan, kegagalan dan penderitaan?

Contemplatio:
Pejamkan mata beberapa menit. Bayangkanlah diri Anda sedang duduk sambil memikirkan masa depan Anda yang belum terlalu jelas atau memikirkan beberapa masalah dalam hidup Anda yang belum beres. Lalu Yesus datang, duduk di dekat Anda dan berkata kepada Anda, “Janganlah pesimis. Aku selalu ada disampingmu…”

Oratio:
Tuhan Yesus, Engkaulah Andalan seluruh hidupku. Bantulah aku untuk tetap percaya kepadaMu dalam situasi seburuk apa pun. Amin.

Missio:
Dalam perjumpaan dengan orang-orang disekitarku hari ini, aku akan peka terhadap kebutuhan sesama dan sedapat mungkin menawarkan bantuan.

Reactions:
Categories:

0 Komentar:

Post a Comment

Setelah dibaca apa anda punya komentar untuk artikel diatas ?
Jika anda merasa tersentuh, terinspirasi, termotivasi dengan artikel ini bagikan bersama kami dengan meninggalkan pesan, kesan atau komentar apa saja.

Semoga komentar anda dapat menjadi semangat bagi yang lainnya.

  • Text Widget