12 January 2008

Posted by ShureX Posted on January 12, 2008 | No comments

6 Januari 2008

Hari Raya Penampakan Tuhan

Mutiara Iman:
“…Masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibuNya, lalu sujud menyembah Dia…”
(Mat 2:11b).

Lectio:
Yes. 60:1-6; Mzm. 72:2,7-8,10-11,12-13; Ef. 3:2-3a.5-6; Mat. 2:1-12.

Meditatio:
Pada suatu hari Sokrates Mengunjungi seorang sederhana yang bernama Aeschines. “Tuan, saya orang miskin,” kata Aeschines. “Saya tidak mempunyai apa-apa. Saya hanya bisa memberikan diri saya kepada Anda.” Sokrates tersenyum. “Tahukah kamu,” kata Sokrates, “Kamu justru memberikan kepadaku hal yang paling penting.”

Cerita pendek di atas mau mengatakan bahwa memberikan diri sendiri adalah sebuah pemberian terbaik. Pesan yang sama juga mau diangkat pada hari raya penampakan Tuhan ini. Sementara para majus itu memberikan persembahan yang berharga dalam rupa emas, kemenyan dan mur untuk kanak-kanak Yesus, adakah persembahan lain yang lebih berharga yang dapat kita persembahkan kepada Yesus selain diri kita sendiri ini?

Contemplatio:
Pejamkan mata beberapa menit. Bayangkanlah Anda juga menjadi salah seorang yang berkunjung ke tempat Yesus dilahirkan. Anda bukan seorang raja, Anda seorang majus, Anda hanya seorang yang biasa saja. Anda tidak membawa apa-apa. Namun di dekat bayi yesus, Anda berbisik,”Tuhan, yang bisa saya persembahkan kepadaMu hanyalah segenap hatiku.”

Oratio:
Tuhan Yesus, yang bisa saya persembahkan kepadamu hanyalah diriku ini. Amin.

Missio:
Dalam perjumpaan dengan orang-orang disekitarku hari ini, aku akan lebih menghargai dan peka akan kebutuhan orang lain. Aku akan berusaha semampuku untuk tidak mengecewakan orang lain yang membutuhkan perhatian atau bantuanku.

Categories:

0 Komentar:

Post a Comment

Setelah dibaca apa anda punya komentar untuk artikel diatas ?
Jika anda merasa tersentuh, terinspirasi, termotivasi dengan artikel ini bagikan bersama kami dengan meninggalkan pesan, kesan atau komentar apa saja.

Semoga komentar anda dapat menjadi semangat bagi yang lainnya.

  • Text Widget