12 January 2008

Posted by Ivan Shurex Posted on 1/12/2008 09:00:00 PM | No comments

4 Januari 2008

Mutiara Iman:
“Apakah yang kamu cari?”
(Yoh 1:38b).

Lectio:
1Yoh. 3:7-10; Mzm. 98:1,7-8,9; Yoh. 1:35-42.

Meditatio:
Pada suatu hari, seorang sahabat melihat Sokrates sedang berada di sebuah toko barang-barang mewah. Ia merasa terkejut dengan kenyataan itu. Selama ini ia mengenal Sokrates sebagai seorang yang paling hemat. Maka ia bertanya kepada Sokrates, “Sobatku, kok kamu ada di sini, apa yang sedang kamu cari?” Sokrates tersenyum dan menjawab, “Aku ke sini untuk melihat-lihat betapa banyak barang yang tidak aku butuhkan.”

Pesan yang mau dikatakan adalah sadarilah bahwa di sekitar kita ada banyak barang atau hal yang sebenarnya tidak kita perlukan. Pesan senada juga diperlihatkan dalam Injil hari ini yang mengisahkan perjumpaan Yesus dengan beberapa murid yang pertama. Kepada mereka Yesus mengajukan satu pertanyaan yang paling mendasar “Apakah yang sebetulnya paling kamu cari dalam hidup ini?” Setelah beberapa waktu mereka menemukan sendiri jawabannya sehingga mereka bisa berkata, “Kami telah menemukan Mesias (bdk. Yoh 1:41).” Dengan kata lain, sebetulnya yang paling pantas dicari atau dimiliki dalam hidup kita adalah Tuhan Yesus sendiri. Dialah “harta” paling berharga dalam hidup kita. “Apa sih yang sebetulnya aku cari di dalam hidup ini?” Apakah “menemukan Kristus” juga menjadi jawabanku? Ataukah ada hal lain yang lebih penting dan berharga dari pada Kristus?

Contemplatio:
Pejamkan mata beberapa menit. Bayangkanlah diri Anda adalah Andreas. Anda amat bersukacita karena bertemu dengan Kristus. Sukacita itu mendorong Anda untuk mewartakan Kristus kepada setiap orang yang Anda kenal.

Oratio:
Tuhan Yesus, Engkau adalah “harta” yang paling berharga bagiku. Amin.

Missio:
Hari ini, aku akan berusaha menjadi orang yang sabar dan berpikir positif tentang orang lain. Aku ingin menyadair bahwa di dalam diri setiap orang yang ada di sekitaku itu Kristus sendiri yang hadir.

Reactions:
Categories:

0 Komentar:

Post a Comment

Setelah dibaca apa anda punya komentar untuk artikel diatas ?
Jika anda merasa tersentuh, terinspirasi, termotivasi dengan artikel ini bagikan bersama kami dengan meninggalkan pesan, kesan atau komentar apa saja.

Semoga komentar anda dapat menjadi semangat bagi yang lainnya.

  • Text Widget