23 November 2007

Posted by ShureX Posted on November 23, 2007 | 2 comments

Doa Kerendahan Hati

Doa Kerendahan Hati
Puji Syukur 1992, No. 141

(Kata "kami /aku" bisa diganti menjadi saya / nama orang ... sesuai keperluan)

Allah yang Mahatinggi, Putra-Mu Yesus telah memberikan teladan kerendahan hati yang tiada tara. Walaupun Allah, Ia telah menghampakan diri-Nya, mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan-Nya sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dengan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Terima kasih, ya Bapa, atas teladan Yesus ini. Berilah kami semangat Yesus sendiri, agar dengan rendah hati kami menganggap orang lain lebih utama daripada kami sendiri.

Bebaskanlah kami dari kesombongan, dan berilah kami ketabahan kalau karena nama-Mu kami direndahkan. Semoga kami tidak sakit hati kalau kami kurang di hargai atau kurang dihormati, kalau kami diabaikan atau dilupakan. Sebaliknya, semoga kami ikut bahagia kalau orang lain berhasil dan mendapat pujian serta penghargaan.

Ya Bapa, jadikanlah hati kami seperti hati Yesus yang lembut dan rendah hati. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. Amin

Litani Kerendahan Hati
Kardinal Merry dei Vai

Ya Tuhan, ubahlah hatiku, Engkau yang telah menerima penghinaan karena cinta-Mu padaku. Nyatakanlah bagiku kerendahan hati-Mu. Terangilah aku dengan cahaya-Mu, kiranya aku mulai saat ini menghancurkan kesombongan yang ada pada diriku! Ini sumber kemalanganku, rintangan yang membuat aku melawan cinta-Mu! Tuhan, aku telah menjadi musuh bagi diriku sendiri ketika aku mencoba mencari kedamaian dalam diriku, dan bukan dalam diri-Mu. Ya Yesus, yang lembut dan rendah hati, dengarkanlah aku.

Dari keinginan untuk dihargai, bebaskanlah aku.
Dari keinginan untuk dicintai,
Dari keinginan untuk dianggap sebagai orang penting,
Dari keinginan untuk dihormati,
Dari keinginan untuk dipuji,
Dari keinginan untuk lebih disukai daripada menyukai,
Dari keinginan untuk dimintai nasihat,

Dari ketakutan untuk dihina, bebaskanlah aku.
Dari ketakutan untuk direndahkan,
Dari ketakutan untuk diabaikan,
Dari ketakutan untuk difitnah,
Dari ketakutan untuk dilupakan,
Dari ketakutan untuk diejek,
Dari ketakutan untuk dinodai,
Dari ketakutan untuk dicurigai,


Supaya orang lain lebih dicintai daripada aku, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap;
Supaya mereka bertambah besar di mata dunia dan aku bertambah kecil, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap;
Supaya mereka dipakai dan aku dikesampingkan, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap;
Supaya mereka mendapat pujian dan aku diabaikan, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap;
Supaya mereka mendapat jalan yang lancar dan aku tersisihkan, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap;
Supaya mereka melebihi aku dalam segala hal, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap;
Supaya mereka lebih suci daripada aku, asalkan aku menjadi suci sesuai kemampuanku, Yesus, berilah aku rahmat untuk berharap.

Categories:

2 comments:

  1. Disamping saya yang bisa menghargai ternyata ada pula yang tidak dapat menghargai. Sebagai doaku ketika aku merasa tidak dihargai, aku harus memiliki kerendahan hati ...seperti YESUS

    ReplyDelete

Setelah dibaca apa anda punya komentar untuk artikel diatas ?
Jika anda merasa tersentuh, terinspirasi, termotivasi dengan artikel ini bagikan bersama kami dengan meninggalkan pesan, kesan atau komentar apa saja.

Semoga komentar anda dapat menjadi semangat bagi yang lainnya.

  • Text Widget